Menu

Rabu, 13 Juli 2011

Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen


Hmm, pantai-pantai dan pantai, tak ada bosannya kita melihat deburan ombak, sensasi terpaan uap-uap asin yang luas membentang, lukisan alam karya sang maha Pencipta yang luas, serasa kecil jika dihadapkan pada kuasaNya yang maha Besar.
Romantisnya Pantai Menganti Kebumen 
Kemarin neh 19 Juni 2011 ane sama kawan-kawan mengunjungi sebuah pantai di kabupaten Kebumen Jawa Tengah (sudah dekat perbatasan Cilacap), pantai ini lumayan eksotis dan masih alami. Yang membuat terasa lain adalah hamparan pasir putih tak seperti pantai-pantai lain di Kebumen yang berpasir hitam. Medan yang dilalui cukup sulit, terjal dan melewati bukit curam dan tinggi jika dilakukan melalui rute pertama yaitu Kebumen-Petanahan-Puring-Suwuk-Menganti, namun agak berbeda sedikit jika ambil rute kedua dari Gombong ke selatan-Ayah-Logending ke selatan -Menganti, rute kedua lebih jauh namun kondisi jalan tidak se-extreme rute pertama.
Mitos Pantai Menganti Kebumen diambil dari nama MENGANTI yang melatarbelakangi, dan berbagai sumber yang bisa saya tuliskan di sini :
Dikisahkan seorang panglima perang Kerajaan Majapahit melarikan diri ke pesisir selatan Jawa karena hubungannya dengan pujaan hati tidak direstui sang raja. Mereka berjanji bertemu di tepi samudra berpasir nan indah. Sepanjang hari, sang panglima pun terus menanti sang pujaan hati yang  tak kunjung datang, di atas bukit kapur sambil memandang laut lepas. Penantian panjang menanti dan terus menanti, so sweet panglima !!!


Panta Menganti Kebumen
Bagi para pemula yang baru bisa naik motor ane saranin mending bonceng aja, resiko juga gan apalagi yang tidak pakai matic dan belajar oper gigi, ehehe. Langsung cekidot aja monggo agan-agan, mas bro & mba sis boleh boleh boleh lihat koleksi foto jepretan cam handphone saya,
Area pepohonan dan semak pantai Menganti Kebumen sebelum dibangun dan diratakan
 Nelayan pantai Menganti Kebumen yang baru melaut
Karena rute yang agak sulit ditempuh (walau kondisi jalan relative "sudah lumayan" bagus) sehingga keberadaan pantai ini belum lah setenar atau sebeken pantai lain disekitarnya semisal Pantai Suwuk, Pantai Logending, Pantai Ayah, Pantai Petanahan dll.
Mercusuar pantai Menganti Kebumen
 Namun kondisi tersebut tidaklah terlalu merugikan karena pantai Menganti menjadi terasa eksklusif dan sebuah tempat yang romantis dengan pasir putih bukit-bukit sebagai backround landscape, pantai berkarang, dan si sisi pantai utama dengan kondisi ombak lumayan bersahabat. Apalagi saat kita memandang hamparan biru Samudera Indonesia dari bawah mercusuar di bukit ini, waahhh soo swet. Di pantai ini juga terdapat sebuah TPI (Tempat Pelelangan Ikan) nelayan setempat.
Sisi karang-karang dibalik bukit pantai Menganti
Eksotisme keperawanan sebuah pantai Menganti Kebumen yang sunyi nan romantis
Kebetulan ane sama kawan-kawan, jadi leluasa untuk menjamah pantai ini dengan naik ke perbukitan untuk melihat mercusuar, atau menuruni lereng tebing dan bermain-main diatas karang2 dibalik bukit.

Ane gan hahahahaha
Orang hilang mode ON hahaha
Manjat Mercusuar Menganti
Mercusuar buatan Belanda tahun (1912-1915) setinggi 20 meter
Saksi pertempuran pantai Menganti, jejaka petir yang terluka, ahaann

Sangat mengasyikan, mungkin agak ceroboh atau nekat hingga kami mandi di sela-sela karang bawah bukit yang kadang dihantam biasan ombak, hingga kami ber-lima kapok setelah 3 diantara kami luka-luka ringan dihantam ombak kiriman dan berusaha bertahan diseret diantara karang, wah but it is "very interesting and be unforgetable momments".

Arif yang terluka haha ...
@pantai Menganti Kebumen, kawan saya, Arif ,David, Haiz, & Apeep
Alhamdulillah, weekend yang menyenangkan bersama kawan-kawan di Pantai Menganti Kebumen Jawa tengah,masih ingin mengunjungi banyak tempat indah dan luar biasa lainya di Indonesia, setelah itu kami pulang dan singgah dulu di pantai Logending.