Menu

Jumat, 29 Mei 2015

Curug Gemawang Kebumen

Assalamualaikum brooo 

Curug Gemawang desa Kaliputih Alian Kebumen

Seperti biasa,  mulai dari rute, rute ditempuh dari Kebumen kota (dianjurkan naik motor), ambil arah ke Kewedusan, terus ke timur sampai pasar Sruni, dari pertigaan Sruni ambil kiri jurusan Sawangan, pertigaan Sawangan belok kanan terus ke Wonokromo dan terus saja sampai agan sampai di desa Kaliputih Alian. Agan semua bakal nemu banyak spot menarik kalau sudah tiba di Wonokromo ke timur, sawah-sawah terasering seperti halnya sama dengan yang terdapat di Bali bahkan tak kalah cantik.
Ketika agan sudah memasuki desa Kaliputih, pastikan agan sudah sampai di pasar/ toko-toko desa Kaliputih. Agan bisa tanya pada orang sekitar (biar lebih jelas). 
Ketika sudah sampai di pasar Kaliputih ambil kiri menaiki jalan setapak menuju curug. Jarak dari pasar Kaliputih ke curug masih lumayan jauh sekitar 2km. Agan diharuskan mengendarai motor sampai pada rumah terakhir diujung jalan setapak yang melwati area perkampungan, kebun, dan persawahan. Titipkan kendaraan agan pada rumah warga yang paling dekat dengan curug, berhati-hatilah karena jalan setapak yang dilewati bakal menanjak dan extreme.
Setelah menitipkan kenadaraan dirumah warga, dianjurkan juga untuk bertanya rute ke curug Gemawang agar lebih jelas. Agan bakal tracking aka berjalan kaki melewati kebun jenitri, melinjo, singkong dan lain-lain sampai agan menemukan sungai, agak membingungkan ketika pertama kali kesini karena kalau sudah sampai di tepian sungai jarang kita menemukan warga, setiba di sungai, berjalan lah menuju semacam dam/ cor semen, kemudian telusuri jalan di depan terus hingga menemukan bak penampungan air dan agan lihat ke sisi kiri sudah melihat curug Gemawang letaknya berada dibawah cor semen tadi. Ambil lah jalan menurun dan tetap berhati-hati karena kemiringan lumayan tinggi. Terus telusuri jalan hingga menyusuri sungai dan sampailah di curug Gemawang desa Kaliputih Kebumen.
Oh ya, untuk yang tidak bisa berenang dihimbau tidak mandi di kolam bawah curug karena kedalaman lebih dari 1,5 meter saat debet air penuh.
Sekian dulu bro, follow instagram saya ya! Terimakasih.
Wassalamualaikum