Menu

Selasa, 26 Mei 2015

Pantai Wedi Putih Kebumen

Assalamualaikum!
Lama gak nulis di blog, langsung aja ya, kali ini ane mau share trip ke Pantai Wedi Putih atau dalam Bahasa Indonesianya Pantai Pasir Putih-nya Kebumen (selain pantai Menganti Kebumen).
Rute pantai Wedi Putih dimulai dengan perjalanan yang sedikit ngantuk dan kecapean (karena malamnya camping di gunung Pranji Kebumen). Siangnya, saya bersama sahabat saya Andrean Perdana langsung cuss gas pool ke pantai Wedi Putih ini, karena sudah direncanakan sebelumnya dan penasaran explore pantai ini.
Bagi yang tanya rute, perjalanan dimulai dari alun-alun kota Kebumen ke selatan melewati rute Soka Baru - Petanahan - Puring - Karangbolong terus saja naik sampai pertigaan Menganti di desa Karangduwur, ente ambil kanan ke arah Logending.
Dari arah tersebut ente cari lah desa Argopeni Ayah, dan terdapat pantai yang lagi hits yaitu pantai Karang Agung Kebumen, masuknya sama bro, titipin kendaraan ente pada penitipan sepeda motor disamping warung pada jalan masuk ke pantai Karang Agung, pastikan ente semua bawa perbekalan terutama minum yang cukup sampai waktu pulang, kenapa sampai pulang? Karena dijamin bakal haus dan berkeringat banyak apalagi saat panas matahari menyengat (saya dan Andrean malah bawa perlengkapan kompor gas mini biar bisa ngopi-ngopi di Pantai  haha).
Karang Agung terlihat dari atas
Perjalanan belum sampai disini saudara, ente kudu jalan kaki aka tracking sejauh kira-kira 1,5 km, setelah masuk dari parkiran, kurang lebih 300 meter ente bakal ketemu pertigaan setapak, yang kalau ambil kiri ke arah Pantai Karang Agung, dan ambil kanan ke arah pantai Wedi Putih (tentu saja ambil kanan wong mau ke pantai Wedi Putih haha).
Sampai disini, bersiaplah sensasi berjalan kaki aka tracking yang melelahkan, terus terus dan terus. Oh ya, setelah kira-kira 10 menit berjalan dari pertigaan setapak Karang Agung ente menepi sedikit ke sebelah selatan bukit ente bakal menikmati view Pantai Karang Agung dari atas, keren bro!

Karang Agung dari samping utara
Kalau sudah sampai dan istirahat sejenak di spot ini, teruslah lanjutkan perjalanan ke arah utara menyusuri jalan kecil dengan pantai di tepi baratnya sampai ente semua melihat view villa pantai Pedalen dari atas, lanjutkan tracking hingga ente melihat karang-karang besar di pantai, nah dibalik karang-karang besar tersebut tepatnya di balik sebelah utara dan menuruni bukit ente bakal melihat view pantai Wedi Putih sebelah selatan berupa karang-karang, terus berjalan dan berhati-hatilah menyusuri bukit hingga sampai pada area karang untuk turun ke pantai Wedi Putih ini.
Begitu turun ente bakal disambut pemandangan air terjun yang mengalir dari bukit kemudian jatuh ke kolam kecil lantas mengalir menembus celah bebatuan dan karang pantai Wedi Putih.

Curug Wedi Putih Kebumen
Kalau sudah melihat curug ini, selamat anda sudah sampai di pantai Wedi Putih Kebumen. Pantai ini indah dan lain dari pantai-pantai di Kebumen seperti Menganti, Pecaron, Surumanis, Karang Agung, Lampon dan lain-lain, namun seperti kembar dengan pantai Watu Kranjang yang cuma dibatasi karang berlubang dengan pantai Wedi Putih.
Oh ya gan, di pantai ini juga terdapat gua/ cerukan dalam bukit dibelakang air terjun yang berisi stalaktit yang masih meneteskan air, cool!

Gua pantai Wedi Putih
Batu-batu putih disini menambah keunikan dan pembeda dari pantai lain di Kebumen , selain berbagai pecahan batuan karang. Hampir semua area pantai tertutup batu-batuan putih, kecuali area depan gua yang berupa tanah.
Batuan Pantai Wedi Putih Kebumen
Sedikit pasir putih kecoklatan pada bibir pantai menjadi list yang manis sebagai pemisah antara bebatuan dan air laut. Manis!
Pasir putih kecoklatan Pantai Wedi Putih Kebumen
View pantai Wedi Putih jika dilihat dari karang depan pantai
Lumayan capek juga kesini, lebih-lebih pulangnya salah ambil jalan dan jadi naik ke atas bukit, sekedar saran, hafalin dan tandain jalan yang ente sebelumnya lalui, dan jalan kecil bekas orang lewat tersebut kebanyakan tertutup semak-semak karena jarang dilewati.
Komposisi bebatuan ini yang membuat pantai Wedi Putih Kebumen unik
 Ya, demikianlah trip pertama kali saya ke pantai Wedi Putih Kebumen pada 25 Mei 2015, saya khusus menulis catatan mbolang ke pantai ini karena sedikitnya informasi mengenai pantai Wedi Putih ini. Saya prediksi pantai ini bakal menjadi challenge petualangan baru untuk destinasi pantai favorite di kota Kebumen selanjutnya setelah Surumanis dan Karang Agung.
Salam #explore_kebumen #kebumenmemotret #kebumenkeren #visitKebumen. Follow me on instagram Instagram

Wassalamualaikum

Note: Semua foto diatas adalah hasil jepretan saya sendiri, reupload tolong jangan hapus watermark terimakasih.